Temukan sejarah Kota Bandung melalui wisata sejarah di Bandung yang menarik. Mulai dari Gedung Sate hingga Benteng Pasir Ipis, jelajahi kekayaan sejarah dan budaya yang disimpan kota ini.

Kota Bandung, selain dikenal sebagai Kota Kembang, juga merangkum sejarah yang kaya dan menarik untuk dieksplorasi. Jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, terdapat 18 destinasi wisata sejarah yang dapat memberikan pengalaman edukatif dan memukau bagi pengunjung. Mari kita telusuri lebih dalam setiap lokasi yang membawa warisan sejarah yang berharga.

1. Gedung Sate

Gedung Sate, landmark kota yang ikonik, bukan hanya menjadi kantor gubernur Jawa Barat, tetapi juga menyimpan sejarah panjang provinsi ini. Dibangun pada tahun 1920, bangunan unik ini memancarkan pesona khas dengan hiasan tusuk sate di puncak menaranya. Museum Gedung Sate yang terletak di dalamnya menawarkan koleksi dan informasi sejarah yang berharga.

2. Museum Geologi

Bagi pecinta geologi, Museum Geologi Bandung adalah destinasi wajib. Di dalamnya, pengunjung dapat menjelajahi berbagai koleksi fosil, mineral, batuan, dan artefak sejarah geologi lainnya, yang membawa pemahaman lebih dalam tentang sejarah bumi.

3. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)

Gedung Merdeka, tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, kini menjadi Museum Konferensi Asia Afrika. Pengunjung dapat mempelajari kronologis peristiwa penting ini yang mempengaruhi arah politik dunia.

4. Kawasan Braga

Kawasan Braga tidak hanya terkenal karena keindahan arsitektur klasiknya, tetapi juga sebagai pusat seni dan budaya Bandung. Jalan Braga dan Gedung Merdeka adalah dua landmark utama di sini yang menyimpan banyak kisah bersejarah.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Didirikan pada tahun 1920, ITB bukan hanya lembaga pendidikan terkemuka, tetapi juga merupakan contoh arsitektur kolonial yang menarik. Kampus ini memiliki museum dan galeri seni yang membuka wawasan tentang sejarah dan kebudayaan.

6. Taman Sejarah Bandung Lautan Api

Dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api pada tahun 1946, taman ini menampilkan monumen dan diorama yang menggambarkan peristiwa heroik ini.

7. Villa Isola

Selesai dibangun pada tahun 1933, Villa Isola adalah contoh arsitektur Art Deco yang megah. Kini menjadi rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), villa ini terbuka untuk umum yang ingin menjelajahi keindahan arsitektur dan sejarahnya.

8. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum ini didedikasikan untuk memperingati jasa-jasa Tentara Nasional Indonesia, khususnya Divisi Siliwangi. Koleksi senjata, seragam, foto, dan dokumen sejarah lainnya memperkaya pemahaman akan perjuangan bangsa.

9. Gedung Dwiwarna

Sebelum menjadi museum, Gedung Dwiwarna pernah menjadi markas besar PETA pada masa pendudukan Jepang. Artefak dan dokumentasi sejarah di dalamnya menyajikan gambaran hidup pada masa itu.

10. Candi Cangkuang

Meskipun di luar Bandung, Candi Cangkuang layak dikunjungi. Candi Hindu ini merupakan peninggalan sejarah yang langka di Jawa Barat, yang menawarkan wawasan tentang kebudayaan dan kepercayaan pada masa lampau.

Dengan berbagai destinasi wisata sejarah yang memukau, Bandung tidak hanya menawarkan keindahan alam dan gaya hidup perkotaan, tetapi juga merupakan tempat yang kaya akan peninggalan sejarah dan budaya yang tak ternilai harganya. Jelajahi setiap sudut kota ini dan biarkan diri Anda terhanyut dalam cerita masa lalu yang masih hidup hingga saat ini.